Minggu, 23 Juni 2019

Tips cara mengemudi mobil di tanjakan curam

Cara mengemudi mobil di tanjakan curam. Banyak pengemudi mobil yang kewalahan saat terjebak macet di tanjakan curam. Apalagi, jika mobil kemudian tidak kuat menanjak saat harus berjalan. Salah satu cara salah yang sampai sekarang masih dilakukan oleh para pengemudi adalah selalu menggunakan kopling setengah atau kopling menggantung ketika menemui jalur menanjak. Memang cara ini bisa dilakukan, tetapi akan membuat kopling akan cepat panas, bahkan bisa sampai jebol. Jadi cara paling efektif ketika menemui jalur menanjak adalah dengan menggunakan gigi 1 dan gigi 2. Gunakan gigi 1 ketika tanjakan benar-benar curam dan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

cara mengemudi mobil di tanjakan curam


Apakah Anda pernah menjumpai mobil yang tiba-tiba mundur ketika sedang berada di antrian gedung parkir bertingkat? Tidak seperti mengemudi di jalanan datar, mengemudi mobil di jalan tanjakan lebih sulit dan harus lebih terampil mengemudi apalagi jika mobil yang dikendarai adalah mobil bertransmisi manual atau si pengemudi masih pemula alias baru bisa mengemudi.

Mengendarai mobil di tanjakan cukup sulit dilakukan, terutama jika ketinggiannya cukup curam. Jika Anda menggunakan transmisi manual, Anda mungkin kesulitan saat berhenti di tengah tanjakan. Apa pun model mobil yang dikendarai, sebaiknya Anda mencari cara paling efisien untuk mencapai puncak tanjakan. Silakan baca artikel ini untuk menemukan kiat berkendara di tanjakan yang aman dan efisien. Baca juga Tips berkendara pada malam hari

Mengendarai mobil pada jalanan yang menanjak menjadi hal yang paling banyak ditakuti oleh pengemudi pemula. Permasalahan tersebut sangatlah wajar dan bisa diterima alasan karena memang butuh ketenangan dan pengalaman yang lebih dalam mengemudi mobil terlebih melewai jalan tanjakan. Berbeda halnya saat orang mengemudikan mobil pada jalan datar yang hanya perlu memastikan untuk mengatur ritme injakan pedal gas dan telilit dalam melakukan pengereman, sedangkan melewati jalan yang menanjak apa yang dilakukan pada jalanan datar tidak selamanya bisa sama terlebih saat terjadi kemacetan di jalan tanjakan.

Jika sedang melewati tanjakan dan macet. Maka mau tidak mau, mobil pun harus diberhentikan. Bagi Anda yang baru belajar menyetir, kondisi ini bisa membuat berkeringat dan panas dingin. Bahkan tekadang, saking paniknya mobil malah mundur dan menabrak mobil di belakangnya. Atau ada juga penggunaan cara yang salah, sehingga bau kampas kopling sangat menyengat. Pada prinsipnya jika Anda mengalami hal ini, jangan panik. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Petunjuk cara memilih mobil kijang rover bekas

Kejadian yang sering dialami adalah saat terjadi kemacetan di jalanan menanjak, para pengemudi pemula kebanyakan akan langsung mengalami gugup dan akhirnya mobil yang dibawa kalau tidak menabrak kendaraan yang berada di depan juga malah bisa membuat mobil yang ada jadi meluncur ke belakang. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut akan dijelaskan tips mengemudi mobil di jalanan tanjakan agar bisa selamat dalam berkendara.

Mengemudi mobil pada jalan menanjak sering ditakuti oleh beberapa orang yang masih baru dalam tahap belajar mengemudikan mobil dengan benar. Ketakutan tersebut bisa dikatakan merupakan hal yang wajar karena jika terjadi sesuatu seperti halnya macet maka yang masih belum mampu mengemudikan mobil di tanjakan bisa menyebabkan mobil menabrak kendaraan di depan atau malah meluncur ke belakang. Kecelakaan tersebut bisa saja terjadi dan tidak bisa bisa dihindari apabila belum mempunyai teknik mengemudi pada jalan tanjakan. Apalagi kondisi jalan cukup terjal dan disertai lalu-lintas yang ramai. Untuk itu disini diberikan sedikit memberikan tips dan juga cara mengemudi mobil pada jalan yang menanjak.

Kumpulkan kecepatan saat mendekati tanjakan sehingga mobil menanjak dengan efisien. Mobil Anda perlu memberikan lebih banyak tenaga saat menanjak untuk melawan gaya gravitasi yang menarik mobil turun. Jika mesin mobil meraung dan mendengking, artinya mesin bekerja susah payah dan gigi yang digunakan mungkin terlalu tinggi.

Sumber masukan : https://infomobilterbaru.com/tips-lengkap-cara-mengemudi-mobil-macet-di-tanjakan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar