Senin, 04 Februari 2019

Tips berkendara pada malam hari

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan di malam hari pastinya harus mempersiapkan segalanya agar perjalanan menjadi aman dan nyaman. Berikut ini tips-tips aman mengendarai mobil pada malam hari. Menyetir mobil jarak jauh pada malam hari tidak hanya melelahkan, tetapi juga kadang menyebalkan. Kondisi fisik seseorang yang relatif lebih cepat lelah pada malam hari juga sangat berpengaruh. Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa membuat menyetir jarak jauh di malam hari menjadi lebih aman dan nyaman.

Tips berkendara pada malam hari


Mengendarai mobil di malam hari pada umumnya sama seperti kita mengendarai mobil pada siang hari. Dua kondisi ini sama-sama memerlukan konsentrasi yang tinggi, selalu waspada dan berhati-hati. Akan tetapi, keadaan malam hari pastinya gelap dan apabila kurangnya pencahayaan pada jalanan akan mengakibatkan resiko yang tidak kita inginkan. Resiko yang dapat terjadi bisa kecelakaan ataupun gangguan kejahatan. Oleh karena itu, kita harus selalu berkonsentrasi serta berhati-hati dalam berkendara di malam hari. Masih belum mahir, bawa aja seorang sopir pengalaman. Dan bisa mulai ikut kursus dengan tambahan biaya belajar mobil

Hal yang paling utama untuk mengendarai mobil adalah dengan mempersiapkan mobil. Sebelum berangkat pastikan terlebih dahulu bahwa mobil telah siap untuk melakukan perjalanan pada malam hari. Seperti lampu depan, lampu belakang, lampu indikator, semuanya harus menyala dengan normal. Serta periksa juga mesin mobil, rem mobil, ban mobil dan persiapkan juga ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, accu, kaca-kaca mobilpun harus bersih baik luar ataupun dalam.


1. Kalibrasi tinggi - rendahnya lampu mobil anda
Pada beberapa mobil, khususnya keluaran baru, lampu utama mobil kadang menyorot ke arah yang tidak sama atau lebih rendah dari yang dibutuhkan. Untuk mengatasinya, bisa melalui beberapa percobaan yang bisa Anda lakukan sendiri, berdasarkan petunjuk manual mobil. Namun, tetap pastikan arah baru sinar lampu tersebut tidak mengganggu lalu lintas di depan.


2. Bersihkan kaca depan dengan koran bekas
Ini adalah sebuah trik untuk mengurangi silau dari kaca mobil. Fungsinya, menghilangkan residu dari kaca yang mengkilat akibat dipolish saat siang hari. Cara ini juga bisa menghilangkan waterspot yang menempel pada kaca mobil anda. Namun, sebelumnya basahi dulu permukaan kaca mobil anda. Bersihkan ke arah yang beraturan agar kotoran lebih mudah terangkat dan tidak akan meninggalkan bekas di sekeliling kaca. Kalau sudah, semprot lagi menggunakan larutan pembersih dan lap sampai kering. Kaca anda kembali bening.

3. Nyalakan fog lamp atau lampu kabut
Seperti namanya, fungsi lampu ini adalah menolong pengemudi melihat menembus kabut. Lampu kabut juga ternyata dapat membantu penerangan jalan meski jalanan dalam keadaan tak berkabut, karena pancaran lampunya menyebar lebih luas dibanding lampu biasa.


4. Bersihkan dan nyalakan spion Auto dimming
Kaca spion yang kotor merefleksikan sinar lampu dari mobil di belakang Anda secara lebih lebar dan menyebar sehingga menimbulkan silau pada mata. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur 'Auto Dim' setting pada rear view mirror mobil untuk mengurangi silau berlebih. Fitur ini merupakan fitur standard mobil-mobil eropa dan sangat berguna ketika berkendara malam hari. Cara kerjanya, saat mobil di belakang anda menyalakan 'lampu dim' atau lampu tinggi, maka secara otomatis kaca spion auto-dimming akan mereduksi sinar tersebut sehingga tidak memantul ke mata anda. Akan berbahaya apabila mata anda terkena silaunya pantulan cahaya dari lampu kendaraan belakang, karena pada momen tersebut, mata anda mengalami blind selama 1.4 detik. Artinya mobil anda melaju tanpa kendali selama 34 meter, bisa berbahaya.

Mobil anda matic yuk belajar menyetir mobil matic secara otodidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar