Minggu, 26 April 2020

Yuk belajar cara kerja karburator mobil dan mengenal bagian bagian karburator mobil

Cara Kerja Karburator

Secara umum kinerja karburator motor dan karburator mobil memiliki fungsi yang sama hanya saja berbeda pada sistemnya. Pada karburator mobil, prinsip kerjanya menggunakan prinsip Bernoulli yang mana mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Secara umum cara kinerja karburator mobil cukup sederhana. Pada saat mesin di hidupkan maka piston akan bergerak maju dan mundur. Pada saat gerakan mundur, gerakannya akan menghisap  udara yang ada di depannya (sistem karburator) sehingga bahan bakar dan udara bersih akan terhisap dengan sendirinya. Bersamaan dengan hal tersebut, pemantik akan menyala sehingga terjadi pembakaran di ruang mesin sehingga mendorong piston. Hal ini dilakukan terus berulang-ulang, semakin tinggi gas ditekan maka akan semakin cepat putaran piston. Yuk memahami komponen karburator mobil dan fungsinya

Karena fungsinya yang cukup penting tersebut, sehingga sangat penting untuk merawat karburator. Apalagi harga karburator dapat mencapai jutaan rupiah, sehingga perawatan sangat penting untuk mencegah kerusakan pada karburator dan membuat karburator tetap bekerja pada fungsinya. Nah berikut ini beberapa langkah yang tepat untuk merawat karburator mobil anda:

  • Pertama kali bersihkan pada bagian filter udara dengan melepaskan filter udara yang terpasang pada bagian lubang karburator. Pada saat sudah dilepaskan, bersihkan dengan menggunakan semburan angin kompresor. Bila terbuat dari bahan busa, anda juga dapat mencucinya dan kemudian biarkan hingga mengering.
  • Bukalah karburator dengan cara  melepas baut-baut yang terpasang pada rumah karburator, katup choke dan kran bensin. Gunakan kunci yang tepat dan sesuai agar tidak gampang dol. Setelah itu, lepas satu persatu komponen-komponen karburator dan tempatkan di dalam sebuah wadahn yang telah diisi oleh cairan bensin.  Lepas mangkok karburator, main jet, pilot jet, pelampung dan jarum pelampung, serta komponen lainnya pula. Hati-hati pada saat melepas komponen yang berukuran kecil ataupun karet pelindung. Sebaiknya di tempatkan terlebih dahulu ke dalam sebuah wadah yang mudah untuk dilihat sehingga pada saat ingin memasang kembali anda tidak akan kebingungan untuk mencarinya
  • Jika semua bagian sudah terlepas, maka anda dapat membersihkan bagian karburator tersebut dengan menggunakan kuas. Semprotkan pada bagian lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Anda dapat menggunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran yang melekat pada spuyer-spuyer namun diperhatikan untuk tidak terlalu banyak mengamplas bagian tersebut karena dapat mengakibatkan perubahan pada ukuran diameter spuyernya
  • Setelah itu, anda dapat merakit kemabli komponne-komponen karburator yang sudah dilepas tadi ke posisi awal nya. Nyalakan kembali mesin mobil dan setel pada kondisi langsam mesin dengan cara menyetel pada bagian spuyer angin-angin dengan memutar searah dengan jarum jam. Kemudian putar balik sesuai dengan standar yang tercantum pada mesin mobil.
Pada dasarnya komponen karburator motor ataupun mobil memiliki komponen-komponen dengan fungsinya yang sama, namun bentuknya saja yang berbeda. Nah berikut ini penjelasan mengenai beberapa komponen karburator mobil dengan fungsinya:

1. Ruang Bakar ( Float Chamber) : Komponen karburator mobil yang pertama adalah ruang bakar. Namun setelah bahan bakar terisi penuh, pelampung secara otomatis akan naik dan menutup katub bahan bakar. Pelampung akan bekerja mengikuti kondisi tinggi dan rendahnya bahan bakar kendaraan. Bila terjadi banjir, pelampung biasanya tidak akan bekerja secara maksimal. Fungsi dari ruang bakar yaitu untuk tempat pembakaran. Ruang bakar ini berada di kepala silinder. Memang berfungsi untuk tempat pembakaran yang akan di campur kan antara bahan bakar dan juga udara yang sudah di kompresiasikan dari torak yang berada di dalam silinder. Berikut adalah penjelasan tentang komponen karburator mobil yang pertama dan sudah di jelaskan dengan fungsi – fungsi nya yang akan membantu anda untuk memahami komponen – komponen dari kendaraan mobil anda dengan mudah.

Float Chamber


2. Pelampung (Floater) : Setelah kita membahas ruang bakar yang juga termasuk komponen dari kendaraan mobil maka selanjutnya akan di bahas pelampung. Pelampung merupakan komponen yang sangat kecil tetapi memiliki kegunaan tersendiri. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pelampung akan bekerja mengikuti kondisi tinggi dan rendahnya bahan bakar kendaraan. Fungsi pelampung adalah untuk mempertahankan agar level bahan bakar tetap stabil.

3. Choke Valve : Mobil yang memberikan kenyamanan untuk anda dan keluarga anda snagat berperan penting dalam kehidupan sehari – hari. Terutama jika kendaraan mobil anda selalu sehat tanpa ada kendala. Mobil yang sehat tanpa ada kendala harus penuh dengan perawatan, sehingga apabila anda setiap hari menggunakan kendaraan maka anda harus memperhatikan kendaraan anda. Seperti yang bisa anda lihat pada gambar di samping ini adalah choke valve yang memiliki peran tersendiri untuk kendaraan mobil anda. Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk menambah campuran bahan bakar sehingga dapat dengan mudah menghidupkan kendaraan. Penggunaan choke biasanya digunakan pada saat kendaaan dalam keadaan dingin. Choke valve hanya dibenarkan jika digunakan pada saat star up kendaraan dan ketika kendaraan dihidupkan maka segera kembalikan ke posisinya semula.

4. Thorttle Valve : Komponen ini juga sering disebut dengan piston valve. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur besar dan kecilnya campuran udara yang masuka ke dalam ruang bakar. Komponen ini bekerja secara beriringan dengan jarum skep (main jet). Apabila thorttke valve terbuka maka jarum skep akan ikut terbuka. Dapat dikatakan jika piston valve dan jarum skep merupakan sebuah kesatuan. Komponen ini juga membutuhkan perawatan dan anda juga harus seing mengecek komponen yang berada di mobil anda agar fungsi – fungsi dari komponen anda tetap terjaga dengan baik dan juga bisa membuat mobil anda bertugas dengan baik. Lihat juga Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

5. Main Jet : Main jet atau yang dikenal dengan jarum skep adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur besar kecil bahan bakar kendaraan yang akan dicampurkan dengan udara bersih. Bentuk jarum jet ini mengerucut ke bawah semakin lancip sehingga apabila gas ditarik maka akan mengangkat jarum jet dan akibatnya adalag campuran bahan bakar dan udara bersih akan semakin besar sehingga akan membuat kendaraan semakin cepat. Komponen yang kecil ini jarang sekali di lirik oleh pemilik kendaraan. Akan tetapi komponen ini sangat berperan penting bagi kendaraan mobil anda. Anda bisa memeriksa mobil anda melalui bengkel yang sudah biasa memegang mobil anda.

6. Jet Needle : Komponen mobil yang selanjutnya adalah Jet Needle. Bagi anda mungkin sangat awam tentang komponen ini akan tetapi jika anda mengetahui nya maka akan memudahkan anda untuk memperhatikan komponen kendara anda. Berupa jarum pengabut yang memiliki fungsi untuk mengontrol jumlah aliran bahan bakar kendaraan dan udara melalui bentuk ketituran jet needle atau jarum pengabut. Komponen ini biasanya berada pada karburator tipe variable venturi dan kecepatan konstan (tipe CV)

7. Slow Jet : Komponen karburator ini berfungsi untuk mensuplay antara bahan bakar kendaraan dan udara bersih pada saat kendaraan dalam kondisi idle. Ketika kendaraan pada kondisi ini, maka anda tinggal membersihkan karburator terutama pada bagian slow jet nya dan kemudian setting kembali jarum skep nya. Slow jet berbentuk seperti lubang kecil yang letaknya berada di bagian depan karburator. Jadi apabila anda tidak paham seperti apa bentuknya maka di samping ini sudah di berikan gambar secara jelas agar anda mengetahui seluruh komponen – komponen mobil anda.

8. Piston Valve Screw dan Pilot Screw : Komponen yang selanjutnya akan di bahas dan akan di jelaskan yaitu Piston Valve Screw dan Pilot Screw. Komponen yang hampir mirip dengan komponen slow jet diatas tetapi memiliki fungsi yang berbeda juga. Komponen ini merupakan skrup yang dapat mengatur besar kecilnya bahan bakar dan udara. Kinerja karburator dan akselerasi kendaraan akan sangat bergantung dari setting kedua komponen ini.

9. Main Nozzle : Selanjutnya yaitu komponen mobil yang bernama Main Nozzle yang bisa anda lihat seperti gambar yang di samping. Dengan bentuk dan warna seperti kedua komponen di atas yang sudah di sebutkan dan dijelaskan secara detail juga. Komponen ini berupa pemancar utama yang akan mengabutkan bahan bakar. Tinggi nya hampir dama dengan permukaan bahan bakar yang ada di dalam bak pelampung. Main nozzle biasanya berada pada karburator tipe venturi.

10. Venturi : Merupakan bagian sempit yang ada di dalam tabung karburator yang memiliki fungsi untuk mempertinggi kecepatan aliran udara. Dengan adanya Venturi maka kecepatan mobil anda berbeda dengan type mobil yang lainnya. sumber : https://saeotomotif.blogspot.com/2020/04/komponen-karburator-mobil-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar